INDIKATOR (PKKRA) PENILAIAN KINERJA KEPALA RAUDLATUL ATHFAL (RA) NURUL HIKMAH DESA BANTARJATI KECAMATAN KERTAJATI MAJALENGKA TAHUN 2
No. |
Tugas Utama / Unsur Tugas Utama |
Indikator Kinerja |
Data Yang Diharapkan |
Bukti Hasil kinerja |
Hasil Kinerja* |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||||
1. USAHA PENGEMBANGAN RAUDHATUL ATHFAL |
||||||||
1.1 |
Mengembangkan Raudhatul Athfal sesuai dengan kebutuhan |
1.) Mampu mengembangkan struktur organisasi yang sesuai dengan kebutuhan program |
Dokumen struktur Raudhatul Athfal |
Bagan / struktur organisasi |
|
|
|
v |
Notulen rapat keputusan tentang penyusunan struktur organisasi |
||||||||
Dokumen sosialisasi |
||||||||
Daftar hadir |
||||||||
2.) Mampu menempatkan personalia yang sesuai dengan kebutuhan |
Dokumen uraian tugas personalia di Raudhatul Athfal |
Dokumen penetapan / pengesahan susunan organisasi |
|
|
|
v |
||
Rincian tugas setiap personil pada struktur organisasi Raudhatul Athfal |
||||||||
SOP personalia |
||||||||
Sertifikat |
||||||||
3.) Mampu mengembangkan pedoman dan prosedur kerja organisasi Raudhatul Athfal |
Pedoman dan prosedur kerja organisasi Raudhatul Athfal |
Dokumen SOP Raudhatul Athfal / pedoman Sistem Informasi Raudhatul Athfal |
|
|
|
v |
||
1.2 |
Mengelola perubahan dan pengembangan Raudhatul Athfal menuju organisasi pembelajar yang efektif |
1.) Mampu mengembangkan program baru untuk meningkatkan pencapaian target yang lebih tinggi |
Program pengembangan Raudhatul Athfal mengandung target pencapaian pada indikator keunggulan khas satuan pendidikan, kerja sama tim, dan data realisasi target yang meningkat dari pada pencapaian sebelumnya |
Visi dan misi Raudhatul Athfal |
|
|
v |
v |
Data prestasi Raudhatul Athfal |
||||||||
Data nilai pertumbuhan dan perkembangan anak 3 tahun terakhir |
||||||||
Data alumni |
||||||||
RKJM |
||||||||
|
|
2.) Mampu dan terampil dalam membangun tim kerja yang efektif untuk mendapatkan produk kinerja yang lebih unggul |
Terdapat struktur organisasi yang dilengkapi dengan distribusi dan deskripsi pembagian tugas |
Bagan / struktur organisasi |
|
|
|
v |
SK |
||||||||
Tugas dan informasi |
||||||||
Pedoman monitoring dan evaluasi kerja |
||||||||
Pedoman reward dan punishment |
||||||||
3.) Mampu menerapkan berbagai teknik pembaharuan dalam pengelolaan pembelajaran |
Terdapat penerapan strategi pembaharuan dengan strategi terprogram |
Dokumen kurikulum |
|
|
|
v |
||
Kalender pendidikan |
||||||||
Perangkat pembelajaran |
||||||||
Penilaian |
||||||||
Peraturan akademik |
||||||||
Notulen diskusi evaluasi rutin pembelajaran |
||||||||
4.) Mampu mengembangkan potensi dan meningkatkan prestasi Raudhatul Athfal |
Dokumen bukti perkembangan potensi dan prestasi peserta didik yang meningkat dari waktu ke waktu |
Data prestasi Raudhatul Athfal 1 tahun terakhir |
|
|
v |
|
||
Data hasil nilai pertumbuhan dan perkembangan anak 1 tahun terakhir |
||||||||
Dokumen akreditasi |
||||||||
Program ekstrakurikuler |
||||||||
Program unggulan Raudhatul Athfal |
||||||||
1.3 |
Mengelola hubungan antara Raudhatul Athfal dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan |
1.) Merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat |
Data kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat |
SK Komite Raudhatul Athfal |
|
|
v |
|
AD/ART komite Raudhatul Athfal |
||||||||
Program kerja komite Raudhatul Athfal |
||||||||
Laporan kegiatan komite Raudhatul Athfal |
||||||||
Dokumen tertulis kerja sama (MOU) |
||||||||
Foto-foto |
||||||||
Laporan kegiatan |
||||||||
2.) Melakukan pendekatan-pendekatan dalam rangka mendapatkan dukungan dari lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat |
Dokumen program kerja sama dengan pemerintah, swasta, dan masyarakat |
Program kegiatan kerja sama |
|
v |
|
|
||
Foto kegiatan |
||||||||
Jadwal kegiatan |
||||||||
Laporan kegiatan |
||||||||
|
|
3.) Memanfaatkan dan memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat |
Data hasil kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat |
Laporan kegiatan kerja sama |
|
v |
|
|
Laporan monitoring / evaluasi kegiatan |
||||||||
Dokumentasi foto / video pelaksanaan kerjasama |
||||||||
1.4 |
Mengelola proses pencapaian 8 SN-PAUD sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional |
1.) Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu kepada standar isi |
Dokumen analisis SN-PAUD dalam hal standar isi |
Kurikulum |
|
|
v |
|
Kalender pendidikan |
||||||||
Perangkat pembelajaran |
||||||||
Pedoman penilaian |
||||||||
Peraturan akademik |
||||||||
Buku kerja guru |
||||||||
Dokumen rapat penyusunan kurikulum (daftar hadir, daftar peserta, foto) |
||||||||
2.) Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang mengacu kepada standar proses |
Dokumen analisis SN-PAUD dalam hal standar proses |
Dokumen STPPA, IPPA, PPMP |
|
|
v |
|
||
Prosem, RPPM, RPPH |
||||||||
Struktur kurikulum |
||||||||
Pembagian jam mengajar |
||||||||
Jadwal mengajar |
||||||||
PWBE |
||||||||
Buku teks |
||||||||
Jurnal mengajar guru |
||||||||
Data siswa per kelompok/kelas |
||||||||
Dokumen supervisi (laporan pemantauan pembelajaran, laporan evaluasi pembelajaran dan rencana tindak lanjut) |
||||||||
|
|
3.) Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang mengacu kepada standar penilaian |
Dokumen analisis SNP dalam hal standar penilaian |
Ceklis perkembangan harian |
|
|
v |
|
Catatan anekdot |
||||||||
Hasil karya anak |
||||||||
Kompilasi data nilai bulanan |
||||||||
Kompilasi data nilai semester |
||||||||
Dokumen portofolio anak |
||||||||
Laporan hasil pembelajaran (Rapot) |
||||||||
Laporan hasil pembelajaran (Ijazah) |
||||||||
Tindak lanjut hasil penilaian |
||||||||
|
|
4.) Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar tingkat pencapaian perkembangan anak (STPPA) |
Dokumen analisis SN-PAUD dalam hal standar tingkat pencapaian perkembangan anak (STPPA) |
Dokumen program kegiatan kesiswaan |
|
|
v |
|
Laporan kegiatan kesiswaan |
||||||||
Dokumentasi kegiatan kesiswaan |
||||||||
Laporan kegiatan pembiasaan siswa |
||||||||
Dokumen kegiatan literasi |
||||||||
Data hasil penilaian perkembangan anak 2 tahun terakhir |
||||||||
Data prestasi akademik 2 tahun terakhir |
||||||||
Data prestasi non akademik 2 tahun terakhir |
||||||||
1.5 |
Mengelola unit layanan khusus Raudhatul Athfal dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di Raudhatul Athfal |
1.) Mampu mengelola layanan kesehatan Raudhatul Athfal agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan kesehatan peserta didik |
Adanya bukti pemanfaatan layanan kesehatan untuk kepentingan kesehatan peserta didik |
Luas sesuai standar |
|
v |
|
|
Sarana pendukung layanan kesehatan |
||||||||
Program kerja layanan kesehatan |
||||||||
Jurnal dan laporan pengelolaan layanan kesehatan |
||||||||
2.) Mampu mengelola perpustakaan Raudhatul Athfal dalam menyiapkan sumber belajar yang diperlukan oleh peserta didik |
Adanya bukti pemanfaatan perpustakaan dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll. |
Luas sesuai standar |
|
v |
|
|
||
Sarana pendukung |
||||||||
Daftar buku induk perpustakaan |
||||||||
Laporan pengelolaan perpustakaan |
||||||||
Program kerja perpustakaan |
||||||||
|
|
3.) Mampu mengelola usaha Raudhatul Athfal untuk pembelajaran peserta didik dan pemasukan tambahan dana bagi Raudhatul Athfal |
Adanya bukti kegiatan usaha Raudhatul Athfal dalam pembelajaran |
Data / laporan kegiatan usaha Raudhatul Athfal |
|
v |
|
|
Dokumentasi kegiatan (foto / video) |
||||||||
4.) Mampu mengelola koperasi Raudhatul Athfal baik sebagai media praktik maupun sebagai sumber belajar bagi peserta didik |
Adanya bukti pemanfaatan koperasi dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll. |
Instrumen hasil praktik pembelajaran |
|
v |
|
|
||
Foto kegiatan praktik |
||||||||
AD/ART koperasi |
||||||||
Laporan RAT |
||||||||
1.6 |
Mengelola sistem informasi Raudhatul Athfal dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan |
1.) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen Raudhatul Athfal |
Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen Raudhatul Athfal |
Fasilitas teknologi dan informasi |
|
|
v |
|
Sumber daya informasi |
||||||||
Website Raudhatul Athfal |
||||||||
Pedoman Sistem Informasi Raudhatul Athfal |
||||||||
2.) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, baik sebagai sumber belajar maupun sebagai alat / media pembelajaran |
Adanya bukti pemanfaatan teknologi infomrasi dan komunikasi sebagai sumber belajar dan media pembelajaran |
Ketersediaan komputer |
|
|
|
v |
||
Jaringan internet |
||||||||
Website Raudhatul Athfal |
||||||||
Alamat email Raudhatul Athfal |
||||||||
Pemanfaatan TIK untuk pembelajaran (observasi / wawancara) |
||||||||
3.) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin kerjasama dengan pihak lain |
Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin kerja sama dengan pihak lain |
Pengelolaan SIM |
|
|
|
v |
||
Fasilitas SIM |
||||||||
Surat tugas pengelola SIM |
||||||||
Pelaporan data dan informasi |
||||||||
Program kerjasama |
||||||||
MOU |
||||||||
Observasi dan wawancara |
||||||||
4.) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam promosi program Raudhatul Athfal dan prestasi yang telah dicapai |
Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam promosi program Raudhatul Athfal dan prestasi yang dicapai |
Pengelolaan SIM |
|
|
v |
|
||
Fasilitas SIM |
||||||||
Surat tugas pengelola SIM |
||||||||
Pelaporan data dan informasi |
||||||||
Program promosi |
||||||||
Observasi dan wawancara |
||||||||
1.7 |
Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen Raudhatul Athfal |
1.) Mampu mengembangkan sistem administrasi pengelolaan secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi |
Terdapat penerapan TIK (berbasis komputer, LCD, jejaring intranet, internet) dalam pengelolaan administrasi persuratan, sarana prasarana, kepegawaian, kepeserta didikan, dan keuangan |
Jumlah komputer dan LCD yang cukup |
|
|
|
v |
Memiliki jaringan internet |
||||||||
Memiliki web Raudhatul Athfal |
||||||||
Memiliki email Raudhatul Athfal |
||||||||
Laporan absensi elektronik |
||||||||
Dokumen lain pemanfaatan TIK untuk administrasi Raudhatul Athfal |
||||||||
2.) Mengelola administrasi pembelajaran secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi |
Model penerapan TIK dalam pengelolaan administrasi kurikulum dan pembelajaran, misalnya : pengelolaan kurikulum berbasis komputer, inttranet, dan internet |
Jumlah komputer dan LCD yang cukup |
|
|
|
v |
||
Memiliki jaringan internet |
||||||||
Pemanfaatan TIK untuk pembelajaran (seperti etmodo, google, classroom, dll.) |
||||||||
Pengelolaan penilaian secara online |
||||||||
3.) Mampu mengembangkan sistem pengelolaan perpustakaan secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi |
Model pemanfaatan TIK dalam sistem pengelolaan perpustakaan berbasis komputer, intranet, dan internet |
Katalog digital |
|
|
v |
|
||
BSE |
||||||||
Akses internet |
||||||||
Komputer |
||||||||
Dokumen aplikasi layanan perpustakaan |
||||||||
2. MANAJERIAL |
||||||||
2.1 |
Menyusun perencanaan Raudhatul Athfal untuk berbagai tingkatan perencanaan |
1.) Mampu mengembangkan RKJM, RKT/RKA-RA dengan program lainnya berdasarkan data hasil evaluasi dalam pemenuhan 8 SN-PAUD |
Dokumen RKJM, RKT/RKA-RA yang meliputi 8 SN-PAUD |
Dokumen Evaluasi Diri Raudhatul Athfal (EDRA) |
|
|
|
v |
Dokumen RKJM dan RKT berbasis EDRA |
||||||||
|
|
2.) Mampu merumuskan visi-misi Raudhatul Athfal sebagai arah pengembangan program RKJM, RKT/ RKA-RA dan program lainnya |
Visi-misi Raudhatul Athfal merupakan rumusan hasil keputusan bersama |
Visi-misi yang telah ditetapkan kepala Raudhatul Athfal |
|
|
|
v |
Berita acara dan daftar hadir kegiatan perumusan/ peninjauan kembali dan penetapan visi dan misi |
||||||||
3.) Mampu menentukan strategi pencapaian tujuan Raudhatul Athfal, dilengkapi dengan indikator pencapaian yang terukur |
Dokumen program yang memuat strategi pencapaian tujuan Raudhatul Athfal |
Program kerja |
|
|
v |
|
||
RKJM dan RKT |
||||||||
4.) Mampu menyusun program dengan rencana evaluasi keterlaksanaan dan pencapaian program |
Dokumen rencana evaluasi keterlaksanaan dan pencapaian program |
RKJM dan RKT |
|
|
|
|
||
Rencana / program evaluasi dan monitoring |
||||||||
2.2 |
Memimpin Raudhatul Athfal dalam rangka pendayagunaan sumber daya Raudhatul Athfal secara optimal |
1.) Mampu memberi contoh berdisiplin (hadir tepat waktu, disiplin menggunakan waktu, dan tepat waktu mengakhiri pekerjaan) |
Dokumen daftar hadir semua kegiatan Raudhatul Athfal |
Daftar hadir elektronik kepala Raudhatul Athfal |
|
|
|
v |
Daftar hadir pada kegiatan di Raudhatul Athfal |
||||||||
2.) Mampu melaksanakan peraturan sesuai dengan ketentuan yang berlaku |
Menjadi contoh dan mengarahkan guru, staf administrasi, dan peserta didik melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan |
Wawancara dengan warga Raudhatul Athfal |
|
|
v |
|
||
Laporan kehadiran |
||||||||
Notulen rapat / briefing pengarahan kegiatan |
||||||||
3.) Mampu menunjukkan keteladanan dalam memanfaatkan sumber daya secara efektif dan efisien |
Memecahkan masalah Raudhatul Athfal secara bersama-sama, merencanakan pemanfaatan sumber belajar dan sumber informasi, memantau penggunaan sumber daya, dan menilai pemanfaatan sumber daya |
Wawancara dengan warga Raudhatul Athfal |
|
|
v |
|
||
Dokumen monitoring dan evaluasi pemanfaatan sumber belajar |
||||||||
Notulensi rapat / diskusi pemanfaatan sumber belajar |
||||||||
|
|
4.) Mampu menunjukkan kedisiplinan sebagai insan pembelajaran |
Rajin membaca dan pendengar yang baik, mengekspresikan pikiran secara tertulis, mengkomunikasikan ilmu pengetahuan baru, dan menyediakan berbagai media untuk mengembangkan gagasan warga Raudhatul Athfal |
Koleksi buku referensi / ilmu pengetahuan |
|
|
|
v |
Karya tulis yang diterbitkan atau tidak |
||||||||
Majalah / koran Raudhatul Athfal |
||||||||
Website Raudhatul Athfal |
||||||||
Blog pribadi |
||||||||
2.3 |
Meciptakan budaya dan iklim Raudhatul Athfal yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik |
1.) Mampu menjadi contoh dan berbudaya mutu yang kompetitif dalam mendorong peningkatan prestasi akademik dan non akademik peserta didik |
Dokumen peningkatan STPPA, data hasil nilai perkembangan, dan target keunggulan perkembangan peserta didik yang terprogram, terlaksana, dan meningkat hasilnya |
Peningkatan capaian STPPA |
|
|
v |
|
Data nilai hasil perkembangan |
||||||||
Program keunggulan dan inovasi perkembangan |
||||||||
Data prestasi perkembangan akademik dan non akademik |
||||||||
2.) Mampu melengkapi sarana dan prasarana untuk menciptakan suasana belajar kondusif dan inovatif bagi peserta didik |
Suasana lingkungan Raudhatul Athfal yang asri, bersih, rindang, aman, dan menyenangkan bagi peserta didik |
Observasi lingkungan Raudhatul Athfal : suasana lingkungan yang asri, bersih, rindang, aman, dan menyenangkan bagi peserta didik |
|
|
v |
|
||
3.) Mampu memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan wawasan peserta didik melalui kunjungan/observasi lapangan |
Data kunjungan peserta didik/observasi lapangan |
Rencana dan laporan pelaksanaan kegiatan |
|
|
|
v |
||
Data kunjungan/observasi lapangan |
||||||||
Dokumen kegiatan/foto/ vidio |
||||||||
|
|
4.) Mampu memfasilitasi kegiatan-kegiatan lomba di bidang akademik dan non akademik bagi peserta didi |
Dokumen penyelenggaraan kegiatan kompetisi yang dimulai dari tingkat Raudhatul Athfal, perolehan piagam penghargaan, piala, trofi perlombaan bidang akademik dan non akademik |
Dokumen penyelenggaraan kegiatan kompetisi yang dimulai dari tingkat Raudhatul Athfal |
|
|
|
v |
Daftar perolehan piagam penghargaan, piala, trofi perlombaan di semua jenjang |
||||||||
2.4 |
Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal |
1.) Mampu menyusun prencanaan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan |
Dokumen program pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan di Raudhatul Athfal |
Program kerja kepala Raudhatul Athfal |
|
|
v |
|
Laporan kegiatan workshop / pelatihan kompetensi guru |
||||||||
Dokumentasi (foto / video) kegiatan workshop / pelatihan guru |
||||||||
2.) Mampu melakukan pembinaan berkala untuk meningkatkan mutu SDM Raudhatul Athfal |
Dokumen pelaksanaan kegiatan pembinaan guru |
Buku / catatan pembinaan guru dan tenaga kependidikan (notulen dan daftar hadir rapat pembinaan) |
|
|
|
v |
||
Laporan kinerja kepala Raudhatul Athfal |
||||||||
3.) Memfasilitasi guru dan staf administrasi untuk meningkatkan kegiatan pembinaan kompetensi |
Data dukungan kepala Raudhatul Athfal dalam memfasilitasi staf administrasi untuk meningkatkan mutu profesi |
Buku / catatan pembinaan guru dan tenaga kependidikan (notulen dan daftar hadri rapat pembinaan) |
|
|
|
v |
||
Laporan kinerja kepala Raudhatul Athfal |
||||||||
4.) Memantau dan menilai penerapan hasil pelatihan dalam pekerjaan di Raudhatul Athfal |
Dokumen program evaluasi pelatihan atau pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan |
Program pelatihan pengembangan profesi guru dan tenaga kependidikan |
|
|
v |
|
||
Laporan pelaksanaan pelatihan pengembangan profesi guru dan tenaga kependidikan |
||||||||
2.5 |
Mengelola sarana dan prasarana Raudhatul Athfal dalam rangka pendayagunaan secara optimal |
1.) Mampu mengelola fasilitas prasarana, perabot dan rana Raudhatul Athfal (gedung, bangunan, lahan, meja, kursi, lemari, peralatan kantor, dan alat kebersihan) |
Data fasilitas prasarana, perabot, dan sarana Raudhatul Athfal dikelola dengan baik |
Buku inventaris |
|
|
|
v |
Buku pemeliharaan sarana dan prasarana |
||||||||
2.) Mampu mengelola perpustakaan Raudhatul Athfal |
Data perpustakaan dikelola dengan baik |
Buku induk perpustakaan |
|
v |
|
|
||
Buku / data / grafik layanan perpustakaan |
||||||||
3.) Mampu mengelola layanan kesehatan Raudhatul Athfal |
Data layanan kesehatan dikelola dengan baik |
Daftar inventaris layanan kesehatan |
|
v |
|
|
||
Buku / jurnal / data / grafik layanan kesehatan |
||||||||
4.) Mampu mengelola fasilitas penunjang Raudhatul Athfal lainnya (bengkel, toko, koperasi, kebun, dsb.) |
Data fasilitas penunjang dikelola dengan baik |
Data fasilitas penunjang wirausaha yang dikelola dengan baik |
|
v |
|
|
||
2.6 |
Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan serta pengembangan kapasitas peserta didik |
1.) Menyusun perencanaan penerimaan, pengelolaan, dan pengembangan kompetensi peserta didik |
Dokumen program penerimaan peserta didik baru, kriteria penerimaan peserta didik, data hasil analisis bekal ajar peserta didik awal |
Dokumen program penerimaan peserta didik baru |
|
|
|
v |
Brosur |
||||||||
Data hasil analisis kemampuan peserta didik baru |
||||||||
Hasil psikotes minat bakat peserta didik baru |
||||||||
2.) Memiliki program pengembangan potensi diri dan prestasi peserta didik |
Dokumen program pengembangan potensi diri dan prestasi peserta didik |
Program pengembangan diri peserta didik baik akademik maupun non akademik |
|
|
v |
|
||
Laporan pengembangan diri peserta didi (akademik dan non akademik) |
||||||||
3.) Memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan pembiasaan melalui penanaman nilai-nilai |
Data program kegiatan akademik dan non akademik melalui penanaman nilai-nilai |
Program kegiatan akademik dan non akademik dan laporan pelaksanaannya |
|
|
v |
|
||
Laporan kegiatan pembiasaan diri peserta didik |
||||||||
Dokumentasi kegiatan |
||||||||
|
|
4.) Memfasilitasi kegiatan pengembangan diri bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya secara optimal |
Data keterlaksanaan program pengembangan diri peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan |
Program kegiatan pengembangan diri |
|
|
|
v |
Dokumentasi kegiatan |
||||||||
Data prestasi siswa, guru, dan tenaga kependidikan |
||||||||
2.7 |
Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional |
1.) Mampu mengarahkan secara efektif dalam menerapkan prinsip-prinsip pengembangan Kurikulum 2013 dalam kegiatan IHT, workshop, bimtek, rapat koordinasi, dan kegiatan KKG |
Dokumen hasil pengembangan kurikulum yang disusun melalui rapat kerja, IHT, workshop, bimtek, rapat koordinasi, atau kegiatan KKG |
Dokumen kurikulum yang berlaku |
|
|
|
v |
SK tim pengembang kurikulum |
||||||||
Dokumen penyusunan dokumen kurikulum (daftar hadri, berita acara, notulen) |
||||||||
Laporan kegiatan workshop / rapat koordinasi pengembangan kurikulum |
||||||||
2.) Mampu mengendalikan pelaksanaan Kurikulum 2013 berlandaskan kalender pendidikan, menerbitkan surat keputusan pembagian tugas mengajar, dan menerapkan aturan akademik |
Pelaksanaan kurikulum sesuai dengan kalender pendidikan tingkat Raudhatul Athfal, surat keputusan pembagian tugas mengajar, dan aturan akademik |
Struktur kurikulum |
|
|
|
v |
||
Jadwal pelajaran |
||||||||
Daftar hadir guru |
||||||||
Peraturan akademik |
||||||||
Kalender pendidikan |
||||||||
SK pembagian tugas mengajar |
||||||||
3.) Memfasilitasi efektivitas tim kerja guru dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran |
Bukti pelaksanaan kerja sama guru pada tingkat satuan pendidikan, antar satuan pendidikan dalam meningkatkan mutu perencanaan proses pembelajaran |
Program KKG di Raudhatul Athfal |
v |
|
|
|
||
Laporan pelaksanaan KKG |
||||||||
Dokumentasi kegiatan (foto / video) |
||||||||
|
|
4.) Mampu mengembangkan pelayanan belajar yang inovatif melalui pengembangan perangkat dan sumber belajar yang terbarukan |
Bukti penggunaan metode hasil pelatihan paling akhir, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, penggunaan alat peraga, teknik evaluasi baru yang menghasilkan produk belajar peserta didik yang dipublikasikan di lingkungan Raudhatul Athfal atau media lain |
Observasi kelas, studi dokumen, wawancara dengan siswa dan guru |
|
|
|
v |
Menelaah ragam metode, media dan sumber belajar yang digunakan dalam RPP |
||||||||
5.) Memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan kolaborasi dan kompetisi bidang akademik dan non akademik |
Data kegiatan kolaborasi dan kompetisi peserta didik tingkat Raudhatul Athfal, baik akademik dan non akademik |
Program, laporan dan dokumen kegiatan kesiswaan (kegiatan akademik maupun non akademik) |
|
|
|
v |
||
Data prestasi akademik maupun non akademik |
||||||||
Dokumentasi kegiatan (laporan, foto, video, dll) |
||||||||
2.8 |
Mengelola keuangan Raudhatul Athfal sesuai prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien |
1.) Mampu merencanakan kebutuhan keuangan Raudhatul Athfal sesuai dengan rencana pengembangan Raudhatul Athfal, baik jangka pendek maupun jangka panjang |
Dokumen RKJM dan RKT |
RKJM dan RKT |
|
|
|
v |
Rencana anggaran |
||||||||
Laporan keuangan |
||||||||
Buku kas |
||||||||
2.) Mampu mengupayakan sumber-sumber keuangan terutama dari luar Raudhatul Athfal dan dari unit usaha Raudhatul Athfal |
Dokumen RKJM dan RKT |
RKJM dan RKT |
|
|
|
v |
||
Laporan keuangan |
||||||||
3.) Mampu mengkoordinasikan pembelajaran keuangan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan berdasarkan asas prioritas dan efisiensi |
Dokumen RKJM dan RKT |
RKJM dan RKT |
|
|
|
v |
||
Laporan keuangan |
||||||||
4.) Mampu membuat laporan dan evaluasi pengelolaan keuangan Raudhatul Athfal sesuai dengan prinsip efisien, transparan, dan akuntabel |
Dokumen RKJM dan RKT |
RKJM dan RKT |
|
|
|
v |
||
Laporan keuangan |
||||||||
Buku kas |
||||||||
2.9 |
Mengelola ketatausahaan Raudhatul Athfal dalam mendukung pencapaian tujuan Raudhatul Athfal |
1.) Mampu mengelola administrasi surat masuk dan surat keluar sesuai dengan pedoman persuratan yang berlaku |
Adanya bukti dokumen surat masuk dan keluar |
Dokumen surat masuk dan keluar |
|
|
|
v |
2.) Mampu mengelola administrasi Raudhatul Athfal yang meliputi administrasi akademik, kesiswaan, sarana prasarana, keuangan, dan hubungan Raudhatul Athfal dengan masyarakat |
Adanya bukti dokumen administrasi Raudhatul Athfal |
Melalui studi dokumen administrasi Raudhatul Athfal (akademik, kesiswaan, sarana prasarana, keuangan, dan hubungan Raudhatul Athfal dengan masyarakat) |
|
|
v |
|
||
3.) Mampu mengelola administrasi kearsipan Raudhatul Athfal baik arsip dinamis maupun arsip lainnya |
Adanya bukti dokumen administrasi Raudhatul Athfal |
Administrasi Raudhatul Athfal |
|
|
|
v |
||
Arsip administrasi |
||||||||
SOP administrasi Raudhatul Athfal |
||||||||
4.) Mampu mengelola administasi akreditasi Raudhatul Athfal sesuai dengan prinsip-prinsip tersedianya dokumen pendukung dan bukti fisik |
Adanya bukti dokumen administrasi Raudhatul Athfal |
Dokumen administrasi pemenuhan SN-PAUD Raudhatul Athfal |
|
|
|
v |
||
2.10 |
Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan Raudhatul Athfal dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya |
1.) Menyusun standar kinerja program pendidikan yang dapat diukur dan dinilai |
Dokumen SKP yang terukur |
Dokumen SKP yang terukur |
v |
|
|
|
2.) Melakukan monitoring dan evaluasi kinerja program pendidikan dengan menggunakan teknik yang sesuai |
Dokumen pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang sesuai |
Dokumen pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang sesuai |
|
|
v |
|
||
3.) Menyusun laporan sesuai dengan standar pelaporan monitoring dan evaluasi |
Dokumen laporan pelaksanaan monitoring dan evaluasi |
Dokumen laporan pelaksanaan monitoring dan evaluasi |
|
|
v |
|
||
4.) Merumuskan program tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan program sebelumnya |
Dokumen program tindak lanjut berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi |
Dokumen laporan pelaksanaan monitoring dan evaluasi |
|
|
v |
|
||
3. KEWIRAUSAHAAN |
||||||||
3.1 |
Menciptakan inovasi yang bermanfaat dan tepat bagi pengembangan Raudhatul Athfal |
1.) Memahami dan menghayati arti dan tujuan perubahan (inovasi) Raudhatul Athfal |
Adanya bukti perubahan Raudhatul Athfal yang lebih baik dari tahun ke tahun |
Program pengembangan kewirausahaan |
|
v |
|
|
Profil Raudhatul Athfal beberapa tahun terakhir |
||||||||
|
|
2.) Menggunakan metode, teknik, dan proses perubahan Raudhatul Athfal |
Adanya bukti strategi dalam perubahan Raudhatul Athfal yang lebih baik |
Pemanfaatan hasil inovasi dan kreatifitas |
|
|
|
v |
Membudayakan hasil inovasi dan kreatifitas |
||||||||
Pengembangan pembudayaan inovasi dan kreatifitas |
||||||||
3.) Menumbuhkan iklim yang mendorong kebebasan berfikir untuk menciptakan kreativitas dan inovasi |
Adanya bukti iklim yang mendorong kebebasan berfikirkreatif dan inovatif |
Data jenis usaha produktif yang dimiliki |
|
v |
|
|
||
Program pengelolaan dan pendayagunaan hasil usaha |
||||||||
4.) Mendorong warga Raudhatul Athfal untuk melakukan prakarsa / keberanian moral untuk melakukan hal-hal baru |
Adanya bukti warga Raudhatul Athfal yang memiliki keberanian untuk melakukan hal-hal baru |
Data jenis usaha produktif yang dimiliki |
|
v |
|
|
||
Program pengelolaan dan pendayagunaan hasil usaha |
||||||||
3.2 |
Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan Raudhatul Athfal sebagai organisasi pembelajaran yang efektif |
1.) Mampu bertindak kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pekerjaan melalui cara berfikir dan cara bertindak |
Adanya bukti kegiatan yang kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pekerjaan melalui cara berfikir dan cara bertindak |
RPPH yang memuat rencana pembelajaran untuk menumbuhkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif |
|
|
|
v |
Hasil kerja dan karya siswa |
||||||||
Foto-foto aktivitas pembelajaran siswa |
||||||||
2.) Mampu memberdayakan potensi Raudhatul Athfal secara optimal ke dalam berbagai kegiatan-kegiatan produktif yang menguntungkan Raudhatul Athfal |
Adanya bukti kegiatan pemberdayaan potensi Raudhatul Athfal secara optimal ke dalam berbagai kegiatan-kegiatan produktif yang menguntungkan Raudhatul Athfal |
Rencana Pengembangan Raudhatul Athfal (RPRA) |
|
|
v |
|
||
Dokumen penanganan permasalahan / kasus |
||||||||
Dokumen hasil kegiatan Raudhatul Athfal |
||||||||
Dokumen hasil kegiatan pengembangan Raudhatul Athfal |
||||||||
|
|
3.) Mampu membubuhkan jiwa kewirausahaan (kreatif, inovatif, dan produktif) di kalangan warga Raudhatul Athfal |
Adanya bukti kegiatan yang membubuhkan jiwa kewirausahaan (kreatif, inovatif, dan produktif) di kalangan warga Raudhatul Athfal |
Rencana Pengembangan Raudhatul Athfal (RPRA) |
|
v |
|
|
Dokumen penanganan permasalahan / kasus |
||||||||
Dokumen hasil kegiatan Raudhatul Athfal |
||||||||
Dokumen hasil kegiatan pengembangan Raudhatul Athfal |
||||||||
4.) Mampu mencatat ide-ide baru, kemudian mengembangkannya |
Adanya bukti kegiatan mencatat ide-ide baru, kemudian mengembangkannya |
Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen : RPRA |
|
v |
|
|
||
3.3 |
Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin Raudhatul Athfal |
1.) Bersedia belajar dari orang lain |
Adanya bukti kemauan belajar dari orang lain |
Forum komunikasi dengan lembaga pendidikan lain dan orang tua siswa per tingkat kelas / angkatan |
|
v |
|
|
Foto-foto kegiatan |
||||||||
Komunitas / forum kegiatan yang diikuti |
||||||||
2.) Ingin selalui melakukan yang terbaik |
Adanya bukti keinginan selalui melakukan yang terbaik |
Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen : Dokumen / foto pelaksanaan kegiatan |
|
|
|
v |
||
Keikut-sertaan dalam lomba-lomba pembelajaran / pendidikan maupun manajemen prestasi dalam lomba guru, tenaga kependidikan, dan kepala Raudhatul Athfal |
||||||||
3.) Menciptakan perubahan yang kuat |
Adanya bukti keinginan untuk melakukan perubahan yang kuat |
Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen : Program inovasi Raudhatul Athfal atau RPRA |
|
v |
|
|
||
Laporan target yang sudah dicapai |
||||||||
3.4 |
Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi Raudhatul Athfal |
1.) Mampu melibatkan tokoh agama, masyarakat, dan pemerintah dalam memecahkan masalah kelembagaan |
Adanya bukti kegiatan yang melibatkan tokoh agama, masyarakat, dan pemerintah dalam memecahkan masalah kelembagaan |
Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen : MOU dengan pihak lain |
|
|
v |
|
Sister school kemitraan dengan Raudhatul Athfal lain |
||||||||
2.) Mampu bersikap obyektif / tidak memihak dalam mengatasi konflik internal Raudhatul Athfal |
Adanya bukti kegiatan yang menunjukkan sikap obyektif / tidak memihak dalam mengatasi konflik internal Raudhatul Athfal |
Observasi, wawancara, dan studi dokumen kegiatan / foto |
|
v |
|
|
||
3.) Mampu bersikap simpatik / tenggang rasa terhadap orang lain |
Adanya bukti sikap simpatik / tenggang rasa terhadap orang lain |
Observasi, wawancara, dan studi dokumen kegiatan / foto |
|
v |
|
|
||
3.5 |
Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi / jasa Raudhatul Athfal sebagai sumber pembelajaran peserta didik |
1.) Mampu merencanakan kegiatan produksi / jasa sesuai dengan potensi Raudhatul Athfal |
Dokumen perencanaan kegiatan produksi sesuai potensi Raudhatul Athfal |
Dokumen laporan yang memuat pelaksanaan dan hasil program pengembangan unit produksi kewirausahaan |
|
v |
|
|
2.) Mampu membina kegiatan produksi / jasa sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan yang profesional dan akuntabel |
Adanya dokumen pembinaan kegiatan produksi / jasa sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan yang profesional dan akuntabel |
Dokumen laporan memuat pelaksanaan dan hasil program pengembangan unit produksi kewirausahaan |
|
v |
|
|
||
3.) Mampu melaksanakan pengawasan kegiatan produksi / jasa dan menyusun laporan |
Adanya dokumen pelaksanaan pengawasan kegiatan produksi / jasa dan menyusun laporan |
Wawancara dan studi dokumen : Laporan hasil evaluasi program pengembangan kewirausahaan yang memuat hasil evaluasi |
|
v |
|
|
||
Program pengembangan jiwa kewirausahaan |
||||||||
Program pengembangan unit produksi kewirausahaan |
||||||||
|
|
4.) Mampu mengembangkan kegiatan produksi / jasa dan pemasarannya |
Adanya dokumen pengembangan kegiatan produksi / jasa da pemasarannya |
Wawancara dan studi dokumen : Laporan hasil evaluasi program pengembangan kewirausahaan yang memuat hasil evaluasi |
|
v |
|
|
Program pengembangan jiwa kewirausahaan |
||||||||
Program pengembangan unit produksi kewirausahaan |
||||||||
4. SUPERVISI |
||||||||
4.1 |
Menyusun program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru |
1.) Mengidentifikasi masalah yang guru hadapi dalam pelaksanaan pembelajaran |
Terdapat rumusan masalah yang kepala Raudhatul Athfal peroleh dari pemantauan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran |
Melalui studi dokumen : Program supervisi akademik/ pengawasan pembelajaran / supervisi pembelajaran |
|
|
v |
|
Jadwal pelaksanaan supervisi |
||||||||
SK tim supervisor |
||||||||
2.) Mampu merumuskan tujuan yang dilengkapi dengan target pencapaian yang terukur |
Terdapat rumusan tujuan supervisi yang dilengkapidengan target pencapaian yang terukur |
Studi dokumen : Program pengawasan / supervisi pembelajaran |
|
v |
|
|
||
Jadwal pelaksanaan supervisi |
||||||||
Laporan hasil supervisi |
||||||||
3.) Mampu mengembangkan instrumen supervisi |
Instrumen yang digunakan relevan dengan target indikator pencapaian tujuan Raudhatul Athfal |
Studi dokumen : Instrumen supervisi pembelajaran |
|
|
|
v |
||
4.2 |
Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat |
1.) Mengadakan pertemuan awal untuk menjaring data rencana pembelajaran dan menetapkan fokus kegiatan supervisi |
Terdapat data hasil pertemuan awal seperti : masalah, tujuan, fokus utama supervisi, dan instrumen yang disepakati |
Wawancara dan studi dokumen : Program pengawasan pembelajaran / supervisi pembelajaran |
|
|
|
|
Jadwal supervisi |
||||||||
Daftar hadir, notulen, foto pertemuan awal supervisi |
||||||||
|
|
2.) Melaksanakan kegiatan pemantauan pembelajaran dan membuat catatan yang objektif dan selektif sebagai bahan pemecahan masalah supervisi |
Dokumen hasil observasi pembelajaran, lengkap, objektif, dan selektif serta relevan dengan masalah yang menjadi fokus supervisi |
Wawancara dan studi dokumen : Instrumen supervisi pembelajaran |
|
|
v |
|
Laporan hasil supervisi pembelajaran |
||||||||
Catatan rekomendasi hasil supervisi |
||||||||
Rencana tindak lanjut hasil supervisi |
||||||||
3.) Melakukan pertemuan refleksi, menganalisis catatan hasil observasi, dan menyimpulkan hasil observasi |
Dokumen catatan pelaksanaan kegiatan, melaksanakan refleksi, himpunan data hasil supervisi, analisis data, penafsiran, penilaian keunggulan dan kelemahan, serta rekomendasi perbaikan |
Wawancara dan studi dokumen : Analisis hasil supervisi pembelajaran |
|
v |
|
|
||
Catatan rekomendasi hasil supervisi |
||||||||
Daftar hadir, notulen, foto pertemuan refleksi hasil supervisi |
||||||||
4.) Bersama guru menyusun rekomendasi tindak lanjut perbaikan dalam bentuk kegiatan analisis butir soal, remedial, dan pengayaan |
Data tindak lanjut pelaksanaan supervisi penilaian, bukti analisis butir soal, kegiatan remedial dan pengayaan |
Wawancara dan studi dokumen : Dokumen hasil analisis dan tindak lanjut supervisi penilaian |
|
|
v |
|
||
Program kegiatan workshop / diklat penilaian untuk guru |
||||||||
Hasil analisis butir soal |
||||||||
Program remedial dan pengayaan |
||||||||
4.3 |
Menilai dan menindak lanjuti kegiatan supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru |
1.) Memfasilitasi guru dalam merencanakan tindak lanjut perbaikan sistem penilaian hasil belajar |
Terdapat bukti tindak lanjut perbaikan sistem penilaian hasil belajar |
Wawancara dan studi dokumen : Dokumen hasil analisis dan tindak lanjut supervisi pembelajaran |
|
|
|
v |
Hasil kegiatan workshop / diklat untuk guru |
||||||||
Data dan piagam hasil pelatihan guru |
||||||||
|
|
2.) Mengecek ulang keterlaksanaan rekomendasi oleh guru |
Dokumen rekomendasi perbaikan sistem penilaian hasil belajar secara berkala |
Wawancara dan studi dokumen rekomendasi hasil perbaikan sistem penilaian hasil belajar |
|
|
|
|
3.) Melaksanakan pembinaan dan pengembangan guru sebagai tindak lanjut kegiatan supervisi |
Terdapat bukti, berupa laporan tindak lanjut hasil supervisi sebagai dasar pelaksanaan pembinaan guru |
Laporan tindak lanjut supervisi |
|
|
v |
|
||
Program PKB guru |
||||||||
Laporan kegiatan pembinaan guru |
||||||||
Daftar hadir, notulen, foto kegiatan PKB guru |
||||||||
4.) Menggunakan data hasil supervisi untuk pemetaan ketercapaian program sebagai dasar perbaikan siklus berikutnya |
Hasil supervisi keterlaksanaan dan ketercapaian program sebagai bahan penilaian kinerja dan pemetaan profil Raudhatul Athfal sebagai dasar perencanaan siklus berikutnya |
Program PKB guru |
|
|
|
v |
||
Laporan kegiatan pembinaan guru |
||||||||
Daftar hadir, notulen, foto kegiatan PKB guru |
0 Response to "INDIKATOR (PKKRA) PENILAIAN KINERJA KEPALA RAUDLATUL ATHFAL (RA) NURUL HIKMAH DESA BANTARJATI KECAMATAN KERTAJATI MAJALENGKA TAHUN 2022"
Post a Comment