INDIKATOR (PKKRA) PENILAIAN KINERJA KEPALA RAUDLATUL ATHFAL (RA) NURUL HIKMAH DESA BANTARJATI KECAMATAN KERTAJATI MAJALENGKA TAHUN 2022

 

 Kepala RA Nurul Hikmah Bantarjati berfoto bersama dengan Para Peserta didik dan wali Peserta didik

 INDIKATOR (PKKRA) PENILAIAN KINERJA  KEPALA RAUDLATUL ATHFAL (RA) NURUL HIKMAH DESA BANTARJATI KECAMATAN KERTAJATI MAJALENGKA TAHUN 2

No.

Tugas Utama / Unsur Tugas Utama

Indikator Kinerja

Data Yang Diharapkan

Bukti Hasil kinerja

Hasil Kinerja*

1

2

3

4

1.     USAHA PENGEMBANGAN RAUDHATUL ATHFAL

1.1

Mengembangkan Raudhatul Athfal sesuai dengan kebutuhan

1.)   Mampu mengembangkan struktur organisasi yang sesuai dengan kebutuhan program

Dokumen struktur Raudhatul Athfal

Bagan / struktur organisasi

 

 

 

v

Notulen rapat keputusan tentang penyusunan struktur organisasi

Dokumen sosialisasi

Daftar hadir

2.)   Mampu menempatkan personalia yang sesuai dengan kebutuhan

Dokumen uraian tugas personalia di Raudhatul Athfal

Dokumen penetapan / pengesahan susunan organisasi

 

 

 

v

Rincian tugas setiap personil pada struktur organisasi Raudhatul Athfal

SOP personalia

Sertifikat

3.)   Mampu mengembangkan pedoman dan prosedur kerja organisasi Raudhatul Athfal

Pedoman dan prosedur kerja organisasi Raudhatul Athfal

Dokumen SOP Raudhatul Athfal / pedoman Sistem Informasi Raudhatul Athfal

 

 

 

v

1.2

Mengelola perubahan dan pengembangan Raudhatul Athfal menuju organisasi pembelajar yang efektif

1.)   Mampu mengembangkan program baru untuk meningkatkan pencapaian target yang lebih tinggi

Program pengembangan Raudhatul Athfal mengandung target pencapaian pada indikator keunggulan khas satuan pendidikan, kerja sama tim, dan data realisasi target yang meningkat dari pada pencapaian sebelumnya

Visi dan misi Raudhatul Athfal

 

 

v

v

Data prestasi Raudhatul Athfal

Data nilai pertumbuhan dan perkembangan anak 3 tahun terakhir

Data alumni

RKJM

 

 

2.)   Mampu dan terampil dalam membangun tim kerja yang efektif untuk mendapatkan produk kinerja yang lebih unggul

Terdapat struktur organisasi yang dilengkapi dengan distribusi dan deskripsi pembagian tugas

Bagan / struktur organisasi

 

 

 

v

SK

Tugas dan informasi

Pedoman monitoring dan evaluasi kerja

Pedoman reward dan punishment

3.)   Mampu menerapkan berbagai teknik pembaharuan dalam pengelolaan pembelajaran

Terdapat penerapan strategi pembaharuan dengan strategi terprogram

Dokumen kurikulum

 

 

 

v

Kalender pendidikan

Perangkat pembelajaran

Penilaian

Peraturan akademik

Notulen diskusi evaluasi rutin pembelajaran

4.)   Mampu mengembangkan potensi dan meningkatkan prestasi Raudhatul Athfal

Dokumen bukti perkembangan potensi dan prestasi peserta didik yang meningkat dari waktu ke waktu

Data prestasi Raudhatul Athfal 1 tahun terakhir

 

 

v

 

Data hasil nilai pertumbuhan dan perkembangan anak 1 tahun terakhir

Dokumen akreditasi

Program ekstrakurikuler

Program unggulan Raudhatul Athfal

1.3

Mengelola hubungan antara Raudhatul Athfal dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan

1.)   Merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat

Data kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat

SK Komite Raudhatul Athfal

 

 

v

 

AD/ART komite Raudhatul Athfal

Program kerja komite Raudhatul Athfal

Laporan kegiatan komite Raudhatul Athfal

Dokumen tertulis kerja sama (MOU)

Foto-foto

Laporan kegiatan

2.)   Melakukan pendekatan-pendekatan dalam rangka mendapatkan dukungan dari lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat

Dokumen program kerja sama dengan pemerintah, swasta, dan masyarakat

Program kegiatan kerja sama

 

v

 

 

Foto kegiatan

Jadwal kegiatan

Laporan kegiatan

 

 

3.)   Memanfaatkan dan memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat

Data hasil kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat

Laporan kegiatan kerja sama

 

v

 

 

Laporan monitoring / evaluasi kegiatan

Dokumentasi foto / video pelaksanaan kerjasama

1.4

Mengelola proses pencapaian 8 SN-PAUD sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional

1.)   Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu kepada standar isi

Dokumen analisis SN-PAUD dalam hal standar isi

Kurikulum

 

 

v

 

Kalender pendidikan

Perangkat pembelajaran

Pedoman penilaian

Peraturan akademik

Buku kerja guru

Dokumen rapat penyusunan kurikulum (daftar hadir, daftar peserta, foto)

2.)   Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang mengacu kepada standar proses

Dokumen analisis SN-PAUD dalam hal standar proses

Dokumen STPPA, IPPA, PPMP

 

 

v

 

Prosem, RPPM, RPPH

Struktur kurikulum

Pembagian jam mengajar

Jadwal mengajar

PWBE

Buku teks

Jurnal mengajar guru

Data siswa per kelompok/kelas

Dokumen supervisi (laporan pemantauan pembelajaran, laporan evaluasi pembelajaran dan rencana tindak lanjut)

 

 

3.)   Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang mengacu kepada standar penilaian

Dokumen analisis SNP dalam hal standar penilaian

Ceklis perkembangan harian

 

 

v

 

Catatan anekdot

Hasil karya anak

Kompilasi data nilai bulanan

Kompilasi data nilai semester

Dokumen portofolio anak

Laporan hasil pembelajaran (Rapot)

Laporan hasil pembelajaran (Ijazah)

Tindak lanjut hasil penilaian

 

 

4.)   Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar tingkat pencapaian perkembangan anak (STPPA)

Dokumen analisis SN-PAUD dalam hal standar tingkat pencapaian perkembangan anak (STPPA)

Dokumen program kegiatan kesiswaan

 

 

v

 

Laporan kegiatan kesiswaan

Dokumentasi kegiatan kesiswaan

Laporan kegiatan pembiasaan siswa

Dokumen kegiatan literasi

Data hasil penilaian perkembangan anak 2 tahun terakhir

Data prestasi akademik 2 tahun terakhir

Data prestasi non akademik 2 tahun terakhir

1.5

Mengelola unit layanan khusus Raudhatul Athfal dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di Raudhatul Athfal

1.)   Mampu mengelola layanan kesehatan Raudhatul Athfal agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan kesehatan peserta didik

Adanya bukti pemanfaatan layanan kesehatan untuk kepentingan kesehatan peserta didik

Luas sesuai standar

 

v

 

 

Sarana pendukung layanan kesehatan

Program kerja layanan kesehatan

Jurnal dan laporan pengelolaan layanan kesehatan

2.)   Mampu mengelola perpustakaan Raudhatul Athfal dalam menyiapkan sumber belajar yang diperlukan oleh peserta didik

Adanya bukti pemanfaatan perpustakaan dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll.

Luas sesuai standar

 

v

 

 

Sarana pendukung

Daftar buku induk perpustakaan

Laporan pengelolaan perpustakaan

Program kerja perpustakaan

 

 

3.)   Mampu mengelola usaha Raudhatul Athfal untuk pembelajaran peserta didik dan pemasukan tambahan dana bagi Raudhatul Athfal

Adanya bukti kegiatan usaha Raudhatul Athfal dalam pembelajaran

Data / laporan kegiatan usaha Raudhatul Athfal

 

v

 

 

Dokumentasi kegiatan (foto / video)

4.)   Mampu mengelola koperasi Raudhatul Athfal baik sebagai media praktik maupun sebagai sumber belajar bagi peserta didik

Adanya bukti pemanfaatan koperasi dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll.

Instrumen hasil praktik pembelajaran

 

v

 

 

Foto kegiatan praktik

AD/ART koperasi

Laporan RAT

1.6

Mengelola sistem informasi Raudhatul Athfal dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan

1.)   Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen Raudhatul Athfal

Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen Raudhatul Athfal

Fasilitas teknologi dan informasi

 

 

v

 

Sumber daya informasi

Website Raudhatul Athfal

Pedoman Sistem Informasi Raudhatul Athfal

2.)   Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, baik sebagai sumber belajar maupun sebagai alat / media pembelajaran

Adanya bukti pemanfaatan teknologi infomrasi dan komunikasi sebagai sumber belajar dan media pembelajaran

Ketersediaan komputer

 

 

 

v

Jaringan internet

Website Raudhatul Athfal

Alamat email Raudhatul Athfal

Pemanfaatan TIK untuk pembelajaran (observasi / wawancara)

3.)   Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin kerjasama dengan pihak lain

Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin kerja sama dengan pihak lain

Pengelolaan SIM

 

 

 

v

Fasilitas SIM

Surat tugas pengelola SIM

Pelaporan data dan informasi

Program kerjasama

MOU

Observasi dan wawancara

4.)   Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam promosi program Raudhatul Athfal dan prestasi yang telah dicapai

Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam promosi program Raudhatul Athfal dan prestasi yang dicapai

Pengelolaan SIM

 

 

v

 

Fasilitas SIM

Surat tugas pengelola SIM

Pelaporan data dan informasi

Program promosi

Observasi dan wawancara

1.7

Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen Raudhatul Athfal

1.)   Mampu mengembangkan sistem administrasi pengelolaan secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi

Terdapat penerapan TIK (berbasis komputer, LCD, jejaring intranet, internet) dalam pengelolaan administrasi persuratan, sarana prasarana, kepegawaian, kepeserta didikan, dan keuangan

Jumlah komputer dan LCD yang cukup

 

 

 

v

Memiliki jaringan internet

Memiliki web Raudhatul Athfal

Memiliki email Raudhatul Athfal

Laporan absensi elektronik

Dokumen lain pemanfaatan TIK untuk administrasi Raudhatul Athfal

2.)   Mengelola administrasi pembelajaran secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi

Model penerapan TIK dalam pengelolaan administrasi kurikulum dan pembelajaran, misalnya : pengelolaan kurikulum berbasis komputer, inttranet, dan internet

Jumlah komputer dan LCD yang cukup

 

 

 

v

Memiliki jaringan internet

Pemanfaatan TIK untuk pembelajaran (seperti etmodo, google, classroom, dll.)

Pengelolaan penilaian secara online

3.)   Mampu mengembangkan sistem pengelolaan perpustakaan secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi

Model pemanfaatan TIK dalam sistem pengelolaan perpustakaan berbasis komputer, intranet, dan internet

Katalog digital

 

 

v

 

BSE

Akses internet

Komputer

Dokumen aplikasi layanan perpustakaan

2.     MANAJERIAL

2.1

Menyusun perencanaan Raudhatul Athfal untuk berbagai tingkatan perencanaan

1.)   Mampu mengembangkan RKJM, RKT/RKA-RA dengan program lainnya berdasarkan data hasil evaluasi dalam pemenuhan 8 SN-PAUD

Dokumen RKJM, RKT/RKA-RA yang meliputi 8 SN-PAUD

Dokumen Evaluasi Diri Raudhatul Athfal (EDRA)

 

 

 

v

Dokumen RKJM dan RKT berbasis EDRA

 

 

2.)   Mampu merumuskan visi-misi Raudhatul Athfal sebagai arah pengembangan program RKJM, RKT/ RKA-RA dan program lainnya

Visi-misi Raudhatul Athfal merupakan rumusan hasil keputusan bersama

Visi-misi yang telah ditetapkan kepala Raudhatul Athfal

 

 

 

v

Berita acara dan daftar hadir kegiatan perumusan/ peninjauan kembali dan penetapan visi dan misi

3.)   Mampu menentukan strategi pencapaian tujuan Raudhatul Athfal, dilengkapi dengan indikator pencapaian yang terukur

Dokumen program yang memuat strategi pencapaian tujuan Raudhatul Athfal

Program kerja

 

 

v

 

RKJM dan RKT

4.)   Mampu menyusun program dengan rencana evaluasi keterlaksanaan dan pencapaian program

Dokumen rencana evaluasi keterlaksanaan dan pencapaian program

RKJM dan RKT

 

 

 

 

Rencana / program evaluasi dan monitoring

2.2

Memimpin Raudhatul Athfal dalam rangka pendayagunaan sumber daya Raudhatul Athfal secara optimal

1.)   Mampu memberi contoh berdisiplin (hadir tepat waktu, disiplin menggunakan waktu, dan tepat waktu mengakhiri pekerjaan)

Dokumen daftar hadir semua kegiatan Raudhatul Athfal

Daftar hadir elektronik kepala Raudhatul Athfal

 

 

 

v

Daftar hadir pada kegiatan di Raudhatul Athfal

2.)   Mampu melaksanakan peraturan sesuai dengan ketentuan yang berlaku

Menjadi contoh dan mengarahkan guru, staf administrasi, dan peserta didik melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan

Wawancara dengan warga Raudhatul Athfal

 

 

v

 

Laporan kehadiran

Notulen rapat / briefing pengarahan kegiatan

3.)   Mampu menunjukkan keteladanan dalam memanfaatkan sumber daya secara efektif dan efisien

Memecahkan masalah Raudhatul Athfal secara bersama-sama, merencanakan pemanfaatan sumber belajar dan sumber informasi, memantau penggunaan sumber daya, dan menilai pemanfaatan sumber daya

Wawancara dengan warga Raudhatul Athfal

 

 

v

 

Dokumen monitoring dan evaluasi pemanfaatan sumber belajar

Notulensi rapat / diskusi pemanfaatan sumber belajar

 

 

4.)   Mampu menunjukkan kedisiplinan sebagai insan pembelajaran

Rajin membaca dan pendengar yang baik, mengekspresikan pikiran secara tertulis, mengkomunikasikan ilmu pengetahuan baru, dan menyediakan berbagai media untuk mengembangkan gagasan warga Raudhatul Athfal

Koleksi buku referensi / ilmu pengetahuan

 

 

 

v

Karya tulis yang diterbitkan atau tidak

Majalah / koran Raudhatul Athfal

Website Raudhatul Athfal

Blog pribadi

2.3

Meciptakan budaya dan iklim Raudhatul Athfal yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik

1.)   Mampu menjadi contoh dan berbudaya mutu yang kompetitif dalam mendorong peningkatan prestasi akademik dan non akademik peserta didik

Dokumen peningkatan STPPA, data hasil nilai perkembangan, dan target keunggulan perkembangan peserta didik yang terprogram, terlaksana, dan meningkat hasilnya

Peningkatan capaian STPPA

 

 

v

 

Data nilai hasil perkembangan

Program keunggulan dan inovasi perkembangan

Data prestasi perkembangan akademik dan non akademik

2.)   Mampu melengkapi sarana dan prasarana untuk menciptakan suasana belajar kondusif dan inovatif bagi peserta didik

Suasana lingkungan Raudhatul Athfal yang asri, bersih, rindang, aman, dan menyenangkan bagi peserta didik

Observasi lingkungan Raudhatul Athfal : suasana lingkungan yang asri, bersih, rindang, aman, dan menyenangkan bagi peserta didik

 

 

v

 

3.)   Mampu memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan wawasan peserta didik melalui kunjungan/observasi lapangan

Data kunjungan peserta didik/observasi lapangan

Rencana dan laporan pelaksanaan kegiatan

 

 

 

v

Data kunjungan/observasi lapangan

Dokumen kegiatan/foto/  vidio

 

 

4.)   Mampu memfasilitasi kegiatan-kegiatan lomba di bidang akademik dan non akademik bagi peserta didi

Dokumen penyelenggaraan kegiatan kompetisi yang dimulai dari tingkat Raudhatul Athfal, perolehan piagam penghargaan, piala, trofi perlombaan bidang akademik dan non akademik

Dokumen penyelenggaraan kegiatan kompetisi yang dimulai dari tingkat Raudhatul Athfal

 

 

 

v

Daftar perolehan piagam penghargaan, piala, trofi perlombaan di semua jenjang

2.4

Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal

1.)   Mampu menyusun prencanaan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan

Dokumen program pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan di Raudhatul Athfal

Program kerja kepala Raudhatul Athfal

 

 

v

 

Laporan kegiatan workshop / pelatihan kompetensi guru

Dokumentasi (foto / video) kegiatan workshop / pelatihan guru

2.)   Mampu melakukan pembinaan berkala untuk meningkatkan mutu SDM Raudhatul Athfal

Dokumen pelaksanaan kegiatan pembinaan guru

Buku / catatan pembinaan guru dan tenaga kependidikan (notulen dan daftar hadir rapat pembinaan)

 

 

 

v

Laporan kinerja kepala Raudhatul Athfal

3.)   Memfasilitasi guru dan staf administrasi untuk meningkatkan kegiatan pembinaan kompetensi

Data dukungan kepala Raudhatul Athfal dalam memfasilitasi staf administrasi untuk meningkatkan mutu profesi

Buku / catatan pembinaan guru dan tenaga kependidikan (notulen dan daftar hadri rapat pembinaan)

 

 

 

v

Laporan kinerja kepala Raudhatul Athfal

4.)   Memantau dan menilai penerapan hasil pelatihan dalam pekerjaan di Raudhatul Athfal

Dokumen program evaluasi pelatihan atau pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan

Program pelatihan pengembangan profesi guru dan tenaga kependidikan

 

 

v

 

Laporan pelaksanaan pelatihan pengembangan profesi guru dan tenaga kependidikan

2.5

Mengelola sarana dan prasarana Raudhatul Athfal dalam rangka pendayagunaan secara optimal

1.)   Mampu mengelola fasilitas prasarana, perabot dan rana Raudhatul Athfal (gedung, bangunan, lahan, meja, kursi, lemari, peralatan kantor, dan alat kebersihan)

Data fasilitas prasarana, perabot, dan sarana Raudhatul Athfal dikelola dengan baik

Buku inventaris

 

 

 

v

Buku pemeliharaan sarana dan prasarana

2.)   Mampu mengelola perpustakaan Raudhatul Athfal

Data perpustakaan dikelola dengan baik

Buku induk perpustakaan

 

v

 

 

Buku / data / grafik layanan perpustakaan

3.)   Mampu mengelola layanan kesehatan Raudhatul Athfal

Data layanan kesehatan dikelola dengan baik

Daftar inventaris layanan kesehatan

 

v

 

 

Buku / jurnal / data / grafik layanan kesehatan

4.)   Mampu mengelola fasilitas penunjang Raudhatul Athfal lainnya (bengkel, toko, koperasi, kebun, dsb.)

Data fasilitas penunjang dikelola dengan baik

Data fasilitas penunjang wirausaha yang dikelola dengan baik

 

v

 

 

2.6

Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan serta pengembangan kapasitas peserta didik

1.)   Menyusun perencanaan penerimaan, pengelolaan, dan pengembangan kompetensi peserta didik

Dokumen program penerimaan peserta didik baru, kriteria penerimaan peserta didik, data hasil analisis bekal ajar peserta didik awal

Dokumen program penerimaan peserta didik baru

 

 

 

v

Brosur

Data hasil analisis kemampuan peserta didik baru

Hasil psikotes minat bakat peserta didik baru

2.)   Memiliki program pengembangan potensi diri dan prestasi peserta didik

Dokumen program pengembangan potensi diri dan prestasi peserta didik

Program pengembangan diri peserta didik baik akademik maupun non akademik

 

 

v

 

Laporan pengembangan diri peserta didi (akademik dan non akademik)

3.)   Memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan pembiasaan melalui penanaman nilai-nilai

Data program kegiatan akademik dan non akademik melalui penanaman nilai-nilai

Program kegiatan akademik dan non akademik dan laporan pelaksanaannya

 

 

v

 

Laporan kegiatan pembiasaan diri peserta didik

Dokumentasi kegiatan

 

 

4.)   Memfasilitasi kegiatan pengembangan diri bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya secara optimal

Data keterlaksanaan program pengembangan diri peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan

Program kegiatan pengembangan diri

 

 

 

v

Dokumentasi kegiatan

Data prestasi siswa, guru, dan tenaga kependidikan

2.7

Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional

1.)   Mampu mengarahkan secara efektif dalam menerapkan prinsip-prinsip pengembangan Kurikulum 2013 dalam kegiatan IHT, workshop, bimtek, rapat koordinasi, dan kegiatan KKG

Dokumen hasil pengembangan kurikulum yang disusun melalui rapat kerja, IHT, workshop, bimtek, rapat koordinasi, atau kegiatan KKG

Dokumen kurikulum yang berlaku

 

 

 

v

SK tim pengembang kurikulum

Dokumen penyusunan dokumen kurikulum (daftar hadri, berita acara, notulen)

Laporan kegiatan workshop / rapat koordinasi pengembangan kurikulum

2.)   Mampu mengendalikan pelaksanaan Kurikulum 2013 berlandaskan kalender pendidikan, menerbitkan surat keputusan pembagian tugas mengajar, dan menerapkan aturan akademik

Pelaksanaan kurikulum sesuai dengan kalender pendidikan tingkat Raudhatul Athfal, surat keputusan pembagian tugas mengajar, dan aturan akademik

Struktur kurikulum

 

 

 

v

Jadwal pelajaran

Daftar hadir guru

Peraturan akademik

Kalender pendidikan

SK pembagian tugas mengajar

3.)   Memfasilitasi efektivitas tim kerja guru dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran

Bukti pelaksanaan kerja sama guru pada tingkat satuan pendidikan, antar satuan pendidikan dalam meningkatkan mutu perencanaan proses pembelajaran

Program KKG di Raudhatul Athfal

v

 

 

 

Laporan pelaksanaan KKG

Dokumentasi kegiatan (foto / video)

 

 

4.)   Mampu mengembangkan pelayanan belajar yang inovatif melalui pengembangan perangkat dan sumber belajar yang terbarukan

Bukti penggunaan metode hasil pelatihan paling akhir, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, penggunaan alat peraga, teknik evaluasi baru yang menghasilkan produk belajar peserta didik yang dipublikasikan di lingkungan Raudhatul Athfal atau media lain

Observasi kelas, studi dokumen, wawancara dengan siswa dan guru

 

 

 

v

Menelaah ragam metode, media dan sumber belajar yang digunakan dalam RPP

5.)   Memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan kolaborasi dan kompetisi bidang akademik dan non akademik

Data kegiatan kolaborasi dan kompetisi peserta didik tingkat Raudhatul Athfal, baik akademik dan non akademik

Program, laporan dan dokumen kegiatan kesiswaan (kegiatan akademik maupun non akademik)

 

 

 

v

Data prestasi akademik maupun non akademik

Dokumentasi kegiatan (laporan, foto, video, dll)

2.8

Mengelola keuangan Raudhatul Athfal sesuai prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien

1.)   Mampu merencanakan kebutuhan keuangan Raudhatul Athfal sesuai dengan rencana pengembangan Raudhatul Athfal, baik jangka pendek maupun jangka panjang

Dokumen RKJM dan RKT

RKJM dan RKT

 

 

 

v

Rencana anggaran

Laporan keuangan

Buku kas

2.)   Mampu mengupayakan sumber-sumber keuangan terutama dari luar Raudhatul Athfal dan dari unit usaha Raudhatul Athfal

Dokumen RKJM dan RKT

RKJM dan RKT

 

 

 

v

Laporan keuangan

3.)   Mampu mengkoordinasikan pembelajaran keuangan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan berdasarkan asas prioritas dan efisiensi

Dokumen RKJM dan RKT

RKJM dan RKT

 

 

 

v

Laporan keuangan

4.)   Mampu membuat laporan dan evaluasi pengelolaan keuangan Raudhatul Athfal sesuai dengan prinsip efisien, transparan, dan akuntabel

Dokumen RKJM dan RKT

RKJM dan RKT

 

 

 

v

Laporan keuangan

Buku kas

2.9

Mengelola ketatausahaan Raudhatul Athfal dalam mendukung pencapaian tujuan Raudhatul Athfal

1.)   Mampu mengelola administrasi surat masuk dan surat keluar sesuai dengan pedoman persuratan yang berlaku

Adanya bukti dokumen surat masuk dan keluar

Dokumen surat masuk dan keluar

 

 

 

v

2.)   Mampu mengelola administrasi Raudhatul Athfal yang meliputi administrasi akademik, kesiswaan, sarana prasarana, keuangan, dan hubungan Raudhatul Athfal dengan masyarakat

Adanya bukti dokumen administrasi Raudhatul Athfal

Melalui studi dokumen administrasi Raudhatul Athfal (akademik, kesiswaan, sarana prasarana, keuangan, dan hubungan Raudhatul Athfal dengan masyarakat)

 

 

v

 

3.)   Mampu mengelola administrasi kearsipan Raudhatul Athfal baik arsip dinamis maupun arsip lainnya

Adanya bukti dokumen administrasi Raudhatul Athfal

Administrasi Raudhatul Athfal

 

 

 

v

Arsip administrasi

SOP administrasi Raudhatul Athfal

4.)   Mampu mengelola administasi akreditasi Raudhatul Athfal sesuai dengan prinsip-prinsip tersedianya dokumen pendukung dan bukti fisik

Adanya bukti dokumen administrasi Raudhatul Athfal

Dokumen administrasi pemenuhan SN-PAUD Raudhatul Athfal

 

 

 

v

2.10

Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan Raudhatul Athfal dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya

1.)   Menyusun standar kinerja program pendidikan yang dapat diukur dan dinilai

Dokumen SKP yang terukur

Dokumen SKP yang terukur

v

 

 

 

2.)   Melakukan monitoring dan evaluasi kinerja program pendidikan dengan menggunakan teknik yang sesuai

Dokumen pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang sesuai

Dokumen pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang sesuai

 

 

v

 

3.)   Menyusun laporan sesuai dengan standar pelaporan monitoring dan evaluasi

Dokumen laporan pelaksanaan monitoring dan evaluasi

Dokumen laporan pelaksanaan monitoring dan evaluasi

 

 

v

 

4.)   Merumuskan program tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan program sebelumnya

Dokumen program tindak lanjut berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi

Dokumen laporan pelaksanaan monitoring dan evaluasi

 

 

v

 

3.     KEWIRAUSAHAAN

3.1

Menciptakan inovasi yang bermanfaat dan tepat bagi pengembangan Raudhatul Athfal

1.)   Memahami dan menghayati arti dan tujuan perubahan (inovasi) Raudhatul Athfal

Adanya bukti perubahan Raudhatul Athfal yang lebih baik dari tahun ke tahun

Program pengembangan kewirausahaan

 

v

 

 

Profil Raudhatul Athfal beberapa tahun terakhir

 

 

2.)   Menggunakan metode, teknik, dan proses perubahan Raudhatul Athfal

Adanya bukti strategi dalam perubahan Raudhatul Athfal yang lebih baik

Pemanfaatan hasil inovasi dan kreatifitas

 

 

 

v

Membudayakan hasil inovasi dan kreatifitas

Pengembangan pembudayaan inovasi dan kreatifitas

3.)   Menumbuhkan iklim yang mendorong kebebasan berfikir untuk menciptakan kreativitas dan inovasi

Adanya bukti iklim yang mendorong kebebasan berfikirkreatif dan inovatif

Data jenis usaha produktif yang dimiliki

 

v

 

 

Program pengelolaan dan pendayagunaan hasil usaha

4.)   Mendorong warga Raudhatul Athfal untuk melakukan prakarsa / keberanian moral untuk melakukan hal-hal baru

Adanya bukti warga Raudhatul Athfal yang memiliki keberanian untuk melakukan hal-hal baru

Data jenis usaha produktif yang dimiliki

 

v

 

 

Program pengelolaan dan pendayagunaan hasil usaha

3.2

Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan Raudhatul Athfal sebagai organisasi pembelajaran yang efektif

1.)   Mampu bertindak kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pekerjaan melalui cara berfikir dan cara bertindak

Adanya bukti kegiatan yang kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pekerjaan melalui cara berfikir dan cara bertindak

RPPH yang memuat rencana pembelajaran untuk menumbuhkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif

 

 

 

v

Hasil kerja dan karya siswa

Foto-foto aktivitas pembelajaran siswa

2.)   Mampu memberdayakan potensi Raudhatul Athfal secara optimal ke dalam berbagai kegiatan-kegiatan produktif yang menguntungkan Raudhatul Athfal

Adanya bukti kegiatan pemberdayaan potensi Raudhatul Athfal secara optimal ke dalam berbagai kegiatan-kegiatan produktif yang menguntungkan Raudhatul Athfal

Rencana Pengembangan Raudhatul Athfal (RPRA)

 

 

v

 

Dokumen penanganan permasalahan / kasus

Dokumen hasil kegiatan Raudhatul Athfal

Dokumen hasil kegiatan pengembangan Raudhatul Athfal

 

 

3.)   Mampu membubuhkan jiwa kewirausahaan (kreatif, inovatif, dan produktif) di kalangan warga Raudhatul Athfal

Adanya bukti kegiatan yang membubuhkan jiwa kewirausahaan (kreatif, inovatif, dan produktif) di kalangan warga Raudhatul Athfal

Rencana Pengembangan Raudhatul Athfal (RPRA)

 

v

 

 

Dokumen penanganan permasalahan / kasus

Dokumen hasil kegiatan Raudhatul Athfal

Dokumen hasil kegiatan pengembangan Raudhatul Athfal

4.)   Mampu mencatat ide-ide baru, kemudian mengembangkannya

Adanya bukti kegiatan mencatat ide-ide baru, kemudian mengembangkannya

Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen : RPRA

 

v

 

 

3.3

Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin Raudhatul Athfal

1.)   Bersedia belajar dari orang lain

Adanya bukti kemauan belajar dari orang lain

Forum komunikasi dengan lembaga pendidikan lain dan orang tua siswa per tingkat kelas / angkatan

 

v

 

 

Foto-foto kegiatan

Komunitas / forum kegiatan yang diikuti

2.)   Ingin selalui melakukan yang terbaik

Adanya bukti keinginan selalui melakukan yang terbaik

Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen : Dokumen / foto pelaksanaan kegiatan

 

 

 

v

Keikut-sertaan dalam lomba-lomba pembelajaran / pendidikan maupun manajemen prestasi dalam lomba guru, tenaga kependidikan, dan kepala Raudhatul Athfal

3.)   Menciptakan perubahan yang kuat

Adanya bukti keinginan untuk melakukan perubahan yang kuat

Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen : Program inovasi Raudhatul Athfal atau RPRA

 

v

 

 

Laporan target yang sudah dicapai

3.4

Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi Raudhatul Athfal

1.)   Mampu melibatkan tokoh agama, masyarakat, dan pemerintah dalam memecahkan masalah kelembagaan

Adanya bukti kegiatan yang melibatkan tokoh agama, masyarakat, dan pemerintah dalam memecahkan masalah kelembagaan

Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen : MOU dengan pihak lain

 

 

v

 

Sister school kemitraan dengan Raudhatul Athfal lain

2.)   Mampu bersikap obyektif / tidak memihak dalam mengatasi konflik internal Raudhatul Athfal

Adanya bukti kegiatan yang menunjukkan sikap obyektif / tidak memihak dalam mengatasi konflik internal Raudhatul Athfal

Observasi, wawancara, dan studi dokumen kegiatan / foto

 

v

 

 

3.)   Mampu bersikap simpatik / tenggang rasa terhadap orang lain

Adanya bukti sikap simpatik / tenggang rasa terhadap orang lain

Observasi, wawancara, dan studi dokumen kegiatan / foto

 

v

 

 

3.5

Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi / jasa Raudhatul Athfal sebagai sumber pembelajaran peserta didik

1.)   Mampu merencanakan kegiatan produksi / jasa sesuai dengan potensi Raudhatul Athfal

Dokumen perencanaan kegiatan produksi sesuai potensi Raudhatul Athfal

Dokumen laporan yang memuat pelaksanaan dan hasil program pengembangan unit produksi kewirausahaan

 

v

 

 

2.)   Mampu membina kegiatan produksi / jasa sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan yang profesional dan akuntabel

Adanya dokumen pembinaan kegiatan produksi / jasa sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan yang profesional dan akuntabel

Dokumen laporan memuat pelaksanaan dan hasil program pengembangan unit produksi kewirausahaan

 

v

 

 

3.)   Mampu melaksanakan pengawasan kegiatan produksi / jasa dan menyusun laporan

Adanya dokumen pelaksanaan pengawasan kegiatan produksi / jasa dan menyusun laporan

Wawancara dan studi dokumen : Laporan hasil evaluasi program pengembangan kewirausahaan yang memuat hasil evaluasi

 

v

 

 

Program pengembangan jiwa kewirausahaan

Program pengembangan unit produksi kewirausahaan

 

 

4.)   Mampu mengembangkan kegiatan produksi / jasa dan pemasarannya

Adanya dokumen pengembangan kegiatan produksi / jasa da pemasarannya

Wawancara dan studi dokumen : Laporan hasil evaluasi program pengembangan kewirausahaan yang memuat hasil evaluasi

 

v

 

 

Program pengembangan jiwa kewirausahaan

Program pengembangan unit produksi kewirausahaan

4.     SUPERVISI

4.1

Menyusun program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru

1.)   Mengidentifikasi masalah yang guru hadapi dalam pelaksanaan pembelajaran

Terdapat rumusan masalah yang kepala Raudhatul Athfal peroleh dari pemantauan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran

Melalui studi dokumen : Program supervisi akademik/ pengawasan pembelajaran / supervisi pembelajaran

 

 

v

 

Jadwal pelaksanaan supervisi

SK tim supervisor

2.)   Mampu merumuskan tujuan yang dilengkapi dengan target pencapaian yang terukur

Terdapat rumusan tujuan supervisi yang dilengkapidengan target pencapaian yang terukur

Studi dokumen : Program pengawasan / supervisi pembelajaran

 

v

 

 

Jadwal pelaksanaan supervisi

Laporan hasil supervisi

3.)   Mampu mengembangkan instrumen supervisi

Instrumen yang digunakan relevan dengan target indikator pencapaian tujuan Raudhatul Athfal

Studi dokumen : Instrumen supervisi pembelajaran

 

 

 

v

4.2

Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat

1.)   Mengadakan pertemuan awal untuk menjaring data rencana pembelajaran dan menetapkan fokus kegiatan supervisi

Terdapat data hasil pertemuan awal seperti : masalah, tujuan, fokus utama supervisi, dan instrumen yang disepakati

Wawancara dan studi dokumen : Program pengawasan pembelajaran / supervisi pembelajaran

 

 

 

 

Jadwal supervisi

Daftar hadir, notulen, foto pertemuan awal supervisi

 

 

2.)   Melaksanakan kegiatan pemantauan pembelajaran dan membuat catatan yang objektif dan selektif sebagai bahan pemecahan masalah supervisi

Dokumen hasil observasi pembelajaran, lengkap, objektif, dan selektif serta relevan dengan masalah yang menjadi fokus supervisi

Wawancara dan studi dokumen : Instrumen supervisi pembelajaran

 

 

v

 

Laporan hasil supervisi pembelajaran

Catatan rekomendasi hasil supervisi

Rencana tindak lanjut hasil supervisi

3.)   Melakukan pertemuan refleksi, menganalisis catatan hasil observasi, dan menyimpulkan hasil observasi

Dokumen catatan pelaksanaan kegiatan, melaksanakan refleksi, himpunan data hasil supervisi, analisis data, penafsiran, penilaian keunggulan dan kelemahan, serta rekomendasi perbaikan

Wawancara dan studi dokumen : Analisis hasil supervisi pembelajaran

 

v

 

 

Catatan rekomendasi hasil supervisi

Daftar hadir, notulen, foto pertemuan refleksi hasil supervisi

4.)   Bersama guru menyusun rekomendasi tindak lanjut perbaikan dalam bentuk kegiatan analisis butir soal, remedial, dan pengayaan

Data tindak lanjut pelaksanaan supervisi penilaian, bukti analisis butir soal, kegiatan remedial dan pengayaan

Wawancara dan studi dokumen : Dokumen hasil analisis dan tindak lanjut supervisi penilaian

 

 

v

 

Program kegiatan workshop / diklat penilaian untuk guru

Hasil analisis butir soal

Program remedial dan pengayaan

4.3

Menilai dan menindak lanjuti kegiatan supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru

1.)   Memfasilitasi guru dalam merencanakan tindak lanjut perbaikan sistem penilaian hasil belajar

Terdapat bukti tindak lanjut perbaikan sistem penilaian hasil belajar

Wawancara dan studi dokumen : Dokumen hasil analisis dan tindak lanjut supervisi pembelajaran

 

 

 

v

Hasil kegiatan workshop / diklat untuk guru

Data dan piagam hasil pelatihan guru

 

 

2.)   Mengecek ulang keterlaksanaan rekomendasi oleh guru

Dokumen rekomendasi perbaikan sistem penilaian hasil belajar secara berkala

Wawancara dan studi dokumen rekomendasi hasil perbaikan sistem penilaian hasil belajar

 

 

 

 

3.)   Melaksanakan pembinaan dan pengembangan guru sebagai tindak lanjut kegiatan supervisi

Terdapat bukti, berupa laporan tindak lanjut hasil supervisi sebagai dasar pelaksanaan pembinaan guru

Laporan tindak lanjut supervisi

 

 

v

 

Program PKB guru

Laporan kegiatan pembinaan guru

Daftar hadir, notulen, foto kegiatan PKB guru

4.)   Menggunakan data hasil supervisi untuk pemetaan ketercapaian program sebagai dasar perbaikan siklus berikutnya

Hasil supervisi keterlaksanaan dan ketercapaian program sebagai bahan penilaian kinerja dan pemetaan profil Raudhatul Athfal sebagai dasar perencanaan siklus berikutnya

Program PKB guru

 

 

 

v

Laporan kegiatan pembinaan guru

Daftar hadir, notulen, foto kegiatan PKB guru

 

0 Response to "INDIKATOR (PKKRA) PENILAIAN KINERJA KEPALA RAUDLATUL ATHFAL (RA) NURUL HIKMAH DESA BANTARJATI KECAMATAN KERTAJATI MAJALENGKA TAHUN 2022"

Post a Comment