Siapkan Generasi Bangsa Indoneia dengan Nilai dan Norma Pendidkan yang Rohmatan Lil "alamiin ( Penuh Kasih sayang)
Karakter bangsa diperlukan individu-individu
yang memiliki karakter. Oleh karena itu, dalam upaya pembangunan karakter
diperlukan usaha yang sungguh-sungguh. untuk membangun karakter individu
dimaknai sebagai hasil keterpaduan empat bagian, yakni:
1. Karakter yang bersumber dari olah hati, antara lain:
Beriman, bertakwa, jujur, amanah, adil, tertib,. taat aturan, bertanggungjawab,
berempati, beraniambil resiko, pantang menyerah, rela berkorban dan berjiwa
patriotik.
2. Karakter yang bersumber dari olah pikir, anatara lain: Cerdas,
kritis, kreatif, inofatif, selalu ingin tahu dan produktif ( selalu ingin
menghasilkan sesuatu)
3. Karakter yang bersumber dari
olah raga, anatara lain: bersih, sportif, tangguh, handal, berdaya tahan,
bersahabat, ceria, cinta damai dan gigih.
4. Karakter yang bersumber dari olah rasa dan karsa, antara lain:
kemanusiaan, saling menghargai, gotong royong, kebersamaan, ramah, hormat,
toleransi, nasionalis, peduli, dinamis, kerja keras dan etos kerja.
Pembentukan
karakter juga dipengaruhi oleh bagaiman cara komunikasi dan interaksi yang
diterapkan oleh orang tua, pendidik (guru) dan masyarakat kepada anak dalam
kehidupan sehari-hari. dari cara yang diterapkan, maka anak akan belajar dari
kehidupannya:
1.
Jika anak dibesarkan dengan celaan, maka ia
belajar memaki
2.
Jika anak dibesarkan dengan permusuhan, maka
ia belajar berkelahi
3.
Jika anak dibesarkan dengan cemoohan, maka ia
belajar rendah diri
4.
Jika anak dibesarkan dengan penghinaan, maka
ia belajar menyesali diri
5.
Jika anak dibesarkan dengan toleransi, maka ia
belajar menahan diri
6.
Jika anak dibesarkan dengan dorongan, maka ia
belajar percaya diri
7.
Jika anak dibesarkan dengan pujian, maka ia
belajar menghargai
8.
Jika anak dibesarkan dengan sebaik-baiknya
perlakuan, maka ia belajar keadilan
9.
Jika anak dibesarkan dengan rasa aman, maka ia
bejar meneruh kepercayaan
10.
Jika anak dibesarkan dengan dukungan, maka ia
belajar menyenangi dirinya
11.
Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan
persahabatan,
12.
maka ia belajar menemukan cinta dalam
kehidupan
NILAI-NILAI KARAKTER DI ANAK-ANAK RA YANG HARUS DI KENBVANGKAN ADALAH SEBAGAI BERIKUT:
NILAI |
DESKRIPSI |
1. Religius |
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. |
2. Jujur |
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan
dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan,
dan pekerjaan. |
3.
Toleransi |
Sikap dan tindakan yang menghargai
perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang
berbeda dari dirinya. |
4. Disiplin |
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan
patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. |
5. Kerja Keras |
Perilaku yang menunjukkan upaya
sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta
menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya. |
6. Kreatif |
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk
menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki. |
7. Mandiri |
Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung
pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. |
8. Demokratis |
Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang
menilai sama hak
dan kewajiban dirinya dan orang lain. |
9. Rasa Ingin Tahu |
Sikap dan
tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari
sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar. |
10.
Semangat Kebangsaan |
Cara
berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan
negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya. |
11.
Cinta Tanah Air |
Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang
menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi
terhadap bahasa, lingkungan
fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa |
12. Menghargai Prestasi |
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya
untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta
menghormati keberhasilan orang lain. |
13. Bersahabat/ Komuniktif |
Tindakan yang memperlihatkan rasa senang
berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain. |
14. Cinta Damai |
Sikap, perkataan, dan tindakan yang
menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya. |
15. Gemar Membaca |
Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca
berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya |
16. Peduli Lingkungan |
Sikap
dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di
sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam
yang sudah terjadi |
17. Peduli Sosial |
Sikap
dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat
yang membutuhkan. |
18. Tanggung-jawab |
Sikap
dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang
seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya),
negara dan Allah Yang Maha Esa. |
0 Response to "KEGIATAN PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER UNTUK ANAK DIDIK RA YANG HARUS DIKEMBANGKAN"
Post a Comment